PERAN PENTING LINMAS DALAM PESTA DEMOKRASI 2019

Administrator 26 Maret 2019 13:18:01 WIB

Dalam menghadapi Pesta Demokrasi 2019 yang akan berlangsung pada 17 April 2019, Balai Desa Botodayaan mengadakan pembinaan anggota Linmas Selasa, 26 Maret 2019, sebelum melaksanakan tugas Pengamanan TPS.

Dalam pembinaan ini Kades  Botodayaan, Wasija, A.Md menghadirkan pemateri dari Bhabinkamtibmas TIRTO dan Kanit Binmas Aiptu Suprapto, SH. Brigadir Sugiharto, SE dalam materinya menyampaikan Tema Peran Linmas dalam Pemilu, diantaranya Linmas merupakan komponen masyarakat yang terpilih sehingga dalam pelaksanaan pemilu dipilih sebagai anggota yang bertugas sebagai pengaman TPS. Linmas juga berperan sangat penting selain membantu keamanan dan ketertiban masyarakat, namun juga sebagai pengamanan kegiatan sosial masyarakat. Dalam pelaksanaan TPS, anggota Linmas berada di luar pintu masuk dan keluar TPS mengawasi proses pelaksanaan Pemilu, dan hanya boleh masuk ke dalam TPS apabila ada ijin atau perintah dari KPPS, selama tidak ada ijin atau perintah dari KPPS anggota Linmas tidak boleh masuk ke dalam TPS demi menjaga netralitas Linmas itu sendiri.

Aiptu Suprapto, SH dalam materinya mengambil tema Peran Penting Linmas Dalam Pesta Demokrasi 2019. Kenapa Linmas mempunyai peran penting? Apa dalam pelaksanaan Pemilu tahun yang lalu tidak penting ?

Dalam Pesta Demokrasi 2019 ini linmas dikatakan penting karena anggota Linmas merupakan lini terdepan dalam upaya menciptakan siatuasi aman, nyaman, tertib, damai, sejuk dan berintegritas dalam pemilu yang berlangsung bersamaan antara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan DPR RI, DPRD I, DPRD II dan DPD.

Aggota Linmas juga dituntut mampu melaksanakan deteksi dini terhadap potensi gangguan pemilu disamping menciptakan situasi yang aman dan tertib dilingkungan masyarakat. Linmas dikatakan penting karena pelaksanaan pesta demokrasi 2019 ini Linmas harus mampu mencegah, menangkal dan menanggulangi beredarnya berita Hoax, berita bohong dan ujaran kebencian. Anggota Linmas juga mampu menjadi dinamisator sebelum, saat dan pasca pesta demokrasi untuk menjaga situasi yang aman, nyaman, tertib dan sejuk serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam Bingkai NKRI, pungkas Kanit Binmas Polsek Rongkop.

Kades Botodayaan yang diwakili Bapak Selo, Kasi Pemerintahan Desa Botodayaan menyampaikan ucapan terimakasih kepada para nara sumber yang telah berkenan memberikan pencerahan dan pembekalan kepada anggaota Sat Linmas Desa Botodayaan. Hal ini sangat penting diketahui anggota Linmas sebelum melaksanakan tugas pengamanan TPS. Diharapkan agar apa yang telah disampaikan nara sumber dimengerti, dipahami sehingga dalam melaksanakan tugas mampu untuk menciptakan situasi yang aman, nyaman, damai, sejuk sebelum pemilu, saat pelaksanaan pemilu maupun seteh pelaksanaan pemilu, tutup Kasi Pemerintahan Desa Botodayaan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

APARATUR PEMERINTAH DESA

Lokasi Botodayaan

tampilkan dalam peta lebih besar